Tips Desain Kamar Tidur Untuk Balita

Tips Desain Kamar Tidur untuk balita – Dekorasi kamar tidur untuk balita merupakan salah satu penataan yang memerlukan sentuhan khusus saat membuatnya, karena akan menjadi tempat beristirahat buah hati kesayangan Anda. Anak di bawah lima tahun tentu lebih senang dengan hal-hal yang sesuai dengan usia mereka.

Berbeda dengan desain dapur, ruang tamu ataupun ruang keluarga yang memang dirancang untuk digunakan oleh semua orang, hal ini tidak berlaku bagi kamar balita Anda. Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan yaitu faktor kebersihan, kesehatan, perabotan yang aman dan berbagai permainan tambahan untuk menunjang tumbuh kembang anak.
tips dekorasi kamar tidur balita

Tips Dekorasi Kamar Tidur Balita

Berikut ini beberapa tips yang perlu menjadi perhatian Anda pada saat merencanakan desain kamar tidur ataupun ketika menghias tempat tidur untuk anak balita :
Tips pertama adalah pergunakan warna-warna yang lembut, seperti biru muda, merah muda, hijau muda, putih, kream, ataupun paduan diantara warna tersebut. Bukannya tidak boleh menggunakan warna yang terlalu tajam, akan tetapi warna yang terlalu mencolok dapat membuat mata mudah lelah. Warna terang bisa anda gunakan untuk beberapa hiasan seperti bingkai foto ataupun mainan anak.

Perhatikan juga letak tempat tidur nya. Lokasi kamar haruslah mudah dijangkau oleh orang tua. Umumnya balita sering terbangun di tengah malam, untuk memudahkan Anda menjangkaunya dan mendengar tangisannya, letak yang mudah dijangkau membuat Anda bisa cepat menghampiri mereka.
kamar tidur balita desain kamar tidur balita

Selanjutnya gunakan lampu yang tidak terlalu terang. Untuk memberikan kesan yang lucu dan menarik, bisa ditambahkan aksen dan hiasan disekitar lampu. Untuk pengaturan atau tata letak furniture pada kamar balita seperti ranjang, lemari (box pakaian), kursi dan lainnya sebaiknya diatur agar mudah Anda jangkau pada saat melakukan proses penggantian pakaian dan yang lainnya.

Dan jangan lupa sesuaikan dekorasi dan desain kamar tidur untuk balita dengan budget yang Anda miliki, jangan terlalu memaksakan diri, karena kamar balita bersifat sementara dan akan berubah seiring perkembangan usia mereka. Jangan sampai Anda mengeluarkan uang terlalu banyak untuk barang yang hanya dipakai sebentar saja.

Dekorasi Tambahan Kamar Balita

dekorasi kamar tidur balita tempat tidur untuk balita
Dekorasi tambahan untuk kamar balita Anda juga perlu mendapat perhatian Anda saat merancang desain kamar tidur untuk balita, agar dapat membantu tumbuh kembang anak secara maksimal. ornament tambahan seperti hiasan atau gambar kartun pada dinding kamar dan penggunaan perabot dengan ukuran mini atau sedang agar kamar buah hati Anda tetap terasa lega, nyaman dan dapat mencegah terjadinya insiden yang dapat merugikan buah hati Anda.

Dekorasi yang sederhana namun sesuai dengan kebutuhan balita atau bayi dan anak-anak berumur dibawah lima tahun akan membuat buah hati Anda merasa nyaman saat berada dikamarnya. Hal ini akan memaksimalkan tumbuh kembang otaknya menjadi hal yang penting dalam merancang desain kamar tidur untuk balita. Jika kebetulan anak Anda sudah diatas lima tahun, silahkan lihat artikel berikut ini desain kamar tidur untuk anak-anak.

Tips Desain Kamar Tidur Untuk Balita | rumahinterior | 4.5